“Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” - Ir.Soekarno

Rabu, 16 Januari 2013

MENAKAR PELUANG CALON INDEPENDEN ALI BD DALAM PEMILUKADA LOMBOK TIMUR




oleh : Arif Rahman Maladi , S.H., LL.M.[1]
           
Euforia politik kabupaten Lombok Timur di tahun 2013 boleh dibilang akan menjadi sebuah drama politik yang akan menyuguhkan “duel politik” yang seru dan akan banyak menyita perhatian beberapa kalangan. Tentunya ini tak lepas dari pertarungan dua kandidat kuat yang sama-sama telah mengabdi untuk Lombok Timur. ALI BIN DAHLAN dan SUKIMAN AZMY.  Dua nama yang diprediksi akan bersaing ketat memperebutkan hati rakyat Lombok Timur pada Pemilukada Kabupaten Lombok Timur 13 Mei 2013 mendatang. Kalau saya boleh meminjam istilah pertandingan antara Barcelona dan Real Madrid maka pertarungan ini akan bertajuk “DUEL EL CLASICCO”. Duel El clasicco antara Barcelona dan Madrid tentunya merupakan partai yang sarat dengan emosi dan gengsi. Keduanya merupakan tim papan atas yang memiliki pendukung fanatik yang siap berkorban apapun dan kapanpun untuk timnya. Kalau kita analogikan dengan dengan  ALI BD dan SUKIMAN tentunya mirip dengan apa yang terjadi Barcelona dan Madrid, keduanya memiliki kekuatan serta pendukung yang tidak boleh dianggap remeh satu dan yang lain.

Tulisan ini tidak akan membahas kelemahan-kelemahan, ataupun menggunjingkan calon bupati dalam pemilukada Lombok timur mendatang, karena itu hanya akan bermuara untuk menjatuhkan. Etika berpolitik haruslah dijunjung tinggi, sehingga politik yang ada akan berjalan lebih fair. Perlu dipahami bahwa berpolitik bukan hanya berbicara tentang cara mencapai tujuan saja tetapi juga politik harus menjujung tinggi etika politik yakni  moral dan intelektual. Moral disini harus dimaknai sebagai sebuah kebaikan,yang harus dijadikan sebagai salah satu elemen kunci utama dalam berpolitik. Sedang intelektual lebih dimaknai sebagai sebuah kapasitas individu untuk melakukan aktivitas berpikir, menalar, dan memecahkan masalah yang ada. Jadi dalam berpolitik seseorang diharuskan tidak hanya bisa mengkritik, tetapi juga harus memberikan solusi konstruktif.

Tulisan ini dikhususkan sebagai respon terhadap suhu perkembangan politik Lombok Timur yang akhir-akhir ini makin memanas menjelang pemilukada Lombok Timur pada tanggal 13 Mei 2013 mendatang. Jika kita Memperhatikan perkembangan yang ada, pertarungan politik dalam pemilukada Lotim 2013 auranya jauh lebih terasa daripada pertarungan politik pemilihan Gubernur NTB yang notebenenya akan diadakan bersamaan dengan pemilukada Lotim. Mengapa demikian? menurut saya hal ini terjadi dikarenakan tingginya antusias dan respon masyarakat di Lombok Timur terhadap kondisi Lombok Timur saat ini. Selain itu, majunya ALI BD melalui jalur independen (perseorangan) menjadi salah satu daya tarik masyarakat tersendiri di Lombok Timur. Karena untuk pertama kalinya dalam sejarah pemilukada di Lombok timur, akan ada calon bupati dari jalur perseorangan (independen). Di sisi lain ALI BD kemungkinan akan bersaing ketat dengan calon petahana Sukiman Azmy  yang akan diusung oleh partai-partai besar, dan beberapa paket pasangan lainnya yang hingga saat ini masih dalam batas penjajakan.

Jaminan terhadap keberadaan calon independen dalam pemilukada pada muaranya diharapkan dapat menjawab aspirasi masyarakat yang selama ini tidak terserap oleh partai politik. Hal ini terjadi karena partai politik seringkali mengajukan calon didasarkan atas kepentingan partai bukan berorientasi kepada aspirasi rakyat selaku konstituen. Partai politik yang seharusnya memiliki peran dan tanggung jawab besar dalam kehidupan demokrasi tidak kunjung memperlihatkan performa/kinerja yang power full sesuai dengan harapan publik sehingga terjadilah kemerosotan tingkat kepercayaan publik (public distrust) terhadap partai politik maupun aktor politik partai yang menjadi kepala daerah.Ini artinya sosok ALI BD yang maju dari jalur perseorangan memiliki karakter begitu kuat dan mengakar pada rakyat Lombok Timur.

Ali Bd Pemimpin Inovatif, Tegas, Non Diskriminatif

Sosok ALI BD memang dikenal mudah diterima oleh semua kalangan, karena beliau selalu  menegaskan bahwa pemimpin rakyat itu harus bisa berdiri di semua golongan.ALI BD dikenal sebagai pemimpin yang inovatif, merakyat, tegas, dan kerapkali membuat terobosan-terobosan progresif yang terkadang sangat berani, yang manfaatnya benar-benar dapat dirasakan langsung oleh seluruh elemen masyarakat Di era pemerintahannya, Lombok Timur mengalami lonjakan pembangunan yang baik yang ditunjang oleh melonjaknya Pendapatan Asli Daerah. Ekonomi berbasis kerakyatan menjadi instrument utama beliau untuk membangun lombok timur. Kesejahteraan para guru begitu diperhatikan, hal ini terbukti dari fasilitas, sarana dan tunjangan para guru baik itu guru tetap maupun kontrak diberikan haknya tanpa adanya diskriminasi golongan.

Beliau juga dikenal sebagai tokoh yang sangat peduli dengan Penegakan syariat Islam di Lombok Timur. Beliau menyadari bahwa Lombok Timur adalah salah satu Kabupaten yang masyarakatnya sangat religius yang menjujung tinggi syariat Islam dan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Pemberdayaan masjid, pondok pesantren dan kegiatan-kegiatan keagamaan adalah salah satu program utama ALI BD yang akan selalu dirindukan masyarakat, karena dalam pelaksanaannya dilapangan beliau selalu berupaya dengan sungguh-sungguh untuk mengahapus diskriminasi.  
  
Pada era kepemimpinan ALI BD tak terkecuali para petani juga mendapatkan perhatian yang begitu serius. Tepat kiranya beliau memilih H.Haerul Warisin mendampingi beliau di Pemilukada tahun ini, karena beliau sangat dikenal betul oleh masyarakat bawah. Banyak kesaksian yang menyebutkan ALI BD sebagai salah satu pemimpin yang begitu akrab dan dengan rakyat bawah khususnya dengan petani. Dengan latar belakangnya sebagai LSM, ALI BD tentunya memiliki modal kuat untuk memahami betul kebutuhan-kebutuhan rakyatnya. Beliau sadar bahwa membangun daerah tidaklah mudah, perlu semangat dan kerja keras untuk mewujudkan semua cita-cita tersebut.  

Perlu menjadi catatan bahwa di era pemerintahan ALI BD, banyak sekali terobosan-terobosan inovatif beliau untuk Lombok Timur yang patut diapresiasi dan diacungi jempol, walaupun terkadang menuai pro dan kontra di masyarakat, namun hal itu tentunya merupakan suatu kewajaran sebagai wujud dari demokrasi di negeri ini.  Beberapa hasil survey di tahun 2012 lalu menunjukan tingkat elektabilitas (tingkat keterpilihan) ALI BD masih sangat tinggi bahkan berada paling tinggi dari calon-calon yang diwacanakan akan maju pada Pemilukada Lombok Timur mendatang termasuk diatas calon petahana H.M Sukiman Azmy dan Syamsul Luthfi. Ini menunjukan rakyat lombok timur benar-benar merindukan sosok beliau untuk memimpin Lombok Timur lima tahun kedepan.  Dan semua ini akan dijawab oleh rakyat Lombok Timur pada tanggal 13 Mei 2013 mendatang.

 


                [1] Pengamat Politik, Peneliti Pusat Kajian Konstitusi   KM-MIH Universitas Gadjah Mada - Yogyakarta 

2 komentar:

  1. Pengamat politik jurusan hukum adat :p

    BalasHapus
  2. Tulisan ini tidak akan membahas kelemahan-kelemahan, ataupun menggunjingkan calon bupati dalam pemilukada Lombok timur mendatang, karena itu hanya akan bermuara untuk menjatuhkan.

    Ali Bd Pemimpin Inovatif, Tegas, Non Diskriminatif


    ?????... LOL

    BalasHapus